Friday 5 December 2008

Riwayat helloween

Perjalanan helloween dimulai ketika pada awal tahun 1980, kai, ingo schwicthenberg, markus grabkopf, bergabung dan membentuk band yang dinamakan gentry. Ketika itu juga michael weikath masih tergabung dalam 'powerful'. Beberapa selang waktu kai bertemu dengan michael weikath (mike),dan menanyakan mike untuk ikut bergabung dalam bandnya. Kemudian merekapun bekerja bersama dan mengganti nama band mereka menjadi hellowee,ini adalah ide ingo.

Mereka pun mulai mengirim kan karya manis mereka ke noise record. Lagu mereka yang bertajuk metal invaders dan oersnt of life dipilih dan dimasukan dalam noise compilation,disebut death metal sampler. Lagu oersnt of life ditulis oleh mike sewaktu dia masih bersama powerful.

Ditahun 1984 mereka merilis 'mini lp' diberi nama helloween. Mereka mulai terkenal dan memiliki banyak fans. Konsep musik mereka sangat hebat dan cepat,lebih berat dari iron maiden,lebih thrash dari metallica dan lebih cepat dari judas pries's,disaat itu,suara vokal masih diisi oleh kai sampai helloween menemukan vokalis muda yang baru di tahun 1986.

Tahun 1985,kesuksesan karir mereka dimulai ketika helloween merilis album pertamanya 'walls of jericho' album ini memiliki versi yang bervariasi. Kai masih mengisi semua vokal dialbum ini. Mereka mulai tur untuk promosi album mereka. Tapi dengan sedikit masalah yaitu dimana kai harus bernyanyi dan bermain gitar dengan melodi yang sulit. Dia merasakan kesusahan melakukan itu. Masalah ini terjadi selama tur . Tapi saat itu helloween dibantu oleh ralf dimana suaranya mirip dengan suara kai. Setelah tur usai mereka setuju untuk merekrut vokalis. Dan mereka pun memilih michael kisk,vokalist yang memiliki suara tinggi,bersih dan mengagumkan dimana akan menekan helloween kepada puncak pergerakan heavy metal. Setelah michael kiske yang saat itu masih berumur 18 tahun dipilih,konsep musik hellowen pun agak berubah. Sedikit pengaruh opera. Tapi masih tetap cepat dan melodic. Bisa dilihat dari albumnya 'double but not double' dan 'keeper of the seven keys part 1 dan 2'.

Tapi helloween mengalami masalah lagi ketika turnya selesai, kai keluar dari band,tidak diketahui jelasnya mengapa dia keluar, ada gosib yang mengatakan adanya konflik dengan mike tentang kepemimpinan band atau dia merasa lelah setelah tur atau karena dia tidak menyanyi lagi dialbum berikutnya... Yang mana yang benar..? Hanya kai yang tahu.. Hehe. Setelah itu kai membentuk band baru dan dinamakan gamma ray dengan ralf scheeper. Ke'vakuman gitar helloween akhirnya diisi oleh roland grapow dari rampage.

Helloween pindah ke emi records diawal tahun 1991 dan perjanjian itu merupakan 'bad story' helloween. 2 album berikutnya mengecewakan fans karena konsep music mereka berubah total. Masih tetap heavy,tapi terdapat beberapa aliran seperti country,pop,dan ballads. Album ponk bubbles go ape dan chameleon tidak begitu buruk tapi dapat membuat shock jika ternyata yang membawakan adalah helloween . Para fans mulai melupakan helloween. Orang-orang berpikir ini adalah akhir dari helloween. Selama itu pula helloween memiliki masalah intern antara mike dan rolland vs michi dan ingo. Dibalik itu michi memiliki masalah kepercayaan (gak tau masalah apaan ya ?) mungkin bisa dilihat dari religius lirik di chameleons album dan kemudian ingo memiliki kecanduan obat-obatan. Banyak sekali masalah-masalah mereka... Michi keluar dari band setelah chameleons tur dan mulai solo project. Sewaktu tur di asia, ingo tidak bisa ikut bermain bersama teman-temannya karena terlalu banyak memakai obat. Dia sangat tertekan dijepang,dia harus memilih untuk meninggalkan band atau tetap bermain tanpa obat-obatan lagi. Disitu helloween memakai ritchi abdel untuk membantu posisi ingo didrums. Saat itu ingo memilih untuk meninggalkan band seperti yang dikatakan michi. Dan mike lah yang disalahkan karena memang dialah yang diketahui sebagai leader. Tahun 1995 ingo memutuskan bunuh diri.

Apakah itu akhir dari hellowee ..? Ya nggaklah. Helloween mengganti posisi dan menambah spirit untuk membangun kembali image band. Helloween menarik pink cream 69 vokalis, andreas deris dan uli kusch (gamma ray) untuk bergabung dengan helloween . Saat itu pink cream lagi memiliki masalah personil juga.

Perilisan album master of the ring membawa helloween kembali ke puncak.dengan dua personil barunya mereka berhasil menarik kembali fansnya,musiknya pun kembali ke konsep era 'keepers'hanya saja agak sedikit berbeda dengan andi di micropone,helloween memiliki image baru.mereka memiliki style yang berbeda dengan helloween yang dulu.

Tahun 1996 mereka membutuhkan live yang luar biasa dan merilisdouble live album yang diberi nama 'highlive'mereka bermain sangat bagus di milan italy dan girona/pamplona spain.setelah tur highlive andi dan roland membuat solo album,coming out of the rain,yang juga menampilkan roland,mike dan markus.roland album diberi nama the four seasons of life.

Dan di akhir 1997 mereka merilis album berikutnya ,BETTER THAN RAW.

0 comments:

Photobucket
Photobucket
Photobucket

About Me

My Photo
Muhyat 081212384580
Jakarta priok, Indonesia
Gue pengen ngebahagiain org yg da didket gue. 087787222493
View my complete profile