Wednesday 3 December 2008

Riwayat bimbo bermusik

Semua makhluk ciptaan Tuhan.Namun,Bimbo justru menciptakan LAGU 'Tuhan'.Bimbo memang unik,seperti namanya.Tak mengherankan bila lagu yang diciptakan sam sepulang dari shalat jum'at dimasjid salman ini mendapat sambutan hangat. Sejak kesuksesan Tuhan itu,bimbo mulai serius menggarap lagu-lagu bernafaskan Islam.

Sebenarnya,inspirasi awal untuk menggarap lagu-lagu religius sudah muncul sejak 1971,ketika bimbo waktu itu beranggotakan sam,acil dan jaka melakukan lawatan tiga bulan ke singapura. Kebetulan saat itu menjelang natal,sehingga hampir semua tempat memutar lagu-lagu keagamaan. Mereka lantas membandingkan dengan kondisi indonesia yang mayoritas muslim. Kenapa tidak bisa dihidupkan suasana religius lewat lagu,pikir mereka. Dan, dua tahun berikutnya,lahirlah 'Tuhan'.

Maka, bimbo yang memang terbuka bekerjasama dengan banyak pihak, mulai menggandeng taufik ismail. Dari sana meluncurlah lagu-lagu kasidah warna baru,seperti aisyah adinda kita, Rindu Rasul,kasidah matahari dan rembulan, album 25 Nabi,jabal rahmah,sajadah panjang,dan masih banyak lagi. Disamping itu, bimbo juga bekerjasama dengan kh endang saifuddin anshari (alm), serta kh miftah faridl. Tetapi, taufik ismail tetap yang paling banyak. Sampai kini, tak kurang dari 90 lirik telah ditulisnya.

Anggota bimbo memang berpendidikan tinggi, apalagi untuk ukuran generasi mereka yang dilahirkan antara tahun 40 dan 50 ini. Samsudin, yang biasa dipanggil sam, adalah sarjana seni rupa itb. Darmawan , atau disebut acil,lulus dari fakultas hukum universitas padjadjaran jurusan kriminologi,dan kemudian berhasil menjadi kandidat notaris. Sedangkan jaka purnama adalah sarjana ekonomi dari unpad. Hanya si bungsu iin parlina, yang kuliah disastra perancis, tidak selesai. Maklum , ketika ia kuliah, grup bimbo sudah mulai sibuk pentas.

Pendidikan memadai ini pulalah yang membuat bimbo dapat merespon keadaan sosial. Berbicara dengan mereka,hebatnya lagi,mereka bisa mewujudkan kritiknya lewat lagu.

Sebagai bentuk perhatian mereka terhadap situasi politik dunia,lahirlah antara kabul dan beirut,elegi buat pbb,balada tran hue-hue, dan surat untuk reagen dan brezhnev (yang kemudian direvisi menjadi surat untuk reagen dan andropov). Menanggapi keseriusan mereka,reagen mengirim surat balasan, sedangkan andropov mengundang untuk keliling rusia. Sayang,keadaan sosial politik saat itu tidak memungkinkan mereka memenuhi ajakan ke rusia tersebut.

Menjelang pemilihan umum 1982, bimbo mengeluarkan lagu kampanye pemilu 82. Dalam soal lingkungan,mereka tidak ketinggalan,melalui pohon terakhir,dan rumah kita. Kemudian yang paling menghebohkan adalah tante sun,yang kontroversial dan sempat dilarang muncul di tvri.

0 comments:

Photobucket
Photobucket
Photobucket

About Me

My Photo
Muhyat 081212384580
Jakarta priok, Indonesia
Gue pengen ngebahagiain org yg da didket gue. 087787222493
View my complete profile