Friday 28 November 2008

Perjalanan Pas Band menuju band papan atas

UNTUK grup band yang satu ini para pecinta musik tentunya sudah tahu dan tak asing lagi dengan personil mereka yang mempunyai style beda dengan group band lain. Bahkan beberapa pengamat dan kritikus musik memberi mereka gelar sebagai band panggung. Gelar ini tentunya bukan isapan jempol semata,coba saksikan gaya mereka yang sangat ekpresif dan ekplosif di panggung,tak aneh bila gaya eksplosif dari para penonton ikut meluap,ketika melihat gerak 'edan' Yukie sang vokalis atau putaran gitar molodi ditubuh beng2 yang menjerit ketika dicabik tangannya ,bisa juga hentakan senar bass yang meledak dari tangan trisno dan kini racikan drum seorang sandy yang menggantikan richard.

Pas Band jelaz bkn grup baru, awal mula Pas terbentuk dan lahir dari komunitas pemusik kampus di sebuah perguruan tinggi yang memiliki libido berlebih ketika bermusik. Dari kegiatan ngumpul itulah mereka mulai menancapkan bendera band digunung musik indonesia,itu terjadi ketika tahun baru 92 . Sedang nama pas itu sendiri menurut beng2,berawal dari keadaan mereka yang pas-pasan. " waktu dulu main,kita sering pinjem alat dan sbg nya. Malah kata trisno wajah kitapun pas-pasan tdk ganteng jauh dari cantik. Maka akhir nya dari pas-pasan itu lah kita memberi nama band kita Pas Band!" ujarnya ketika ditemui Songs World dirmh nya.

Ketika itu musik metallica sedang ramai-ramainya dimainkan anak muda, sedang mereka membawakan lagu bernuansa lain. "saat itu org2 termenung liat kita main,malah sesudah pertunjukan waktu di Kopo ( Bandung-red) orang malah nanya lagu yang dibawakan tadi lagu irian? Tanya seorang penonton"tandas beng2 sambil senyum.

Karena itulah akhirnya mereka mencoba membawakan lagu mereka sendiri. Mereka berkesimpulan ketika mereka menyanyikan lagu orang lain,itu hanya bisa membuat tepuk tangan sambil bingung. Maka lebih baik penonton bingung dgn lagu mereka" itu tentunya lebih baik!" ujarnya lagi.

Dari perjalanan yang berliku itulah akhirnya mereka bisa memasuki dunia musik indonesia. Tentunya dengan membawa karakter dan style mereka sendiri dan tidak lupa mengusung idealisme bermusik dalam dada mereka ketika berada diatas stage.

Perjalanan dari album mereka menghasil kan jenis musik yang berbeda dan beragam,tdk berfokus pada beat tertentu. Menurut beng beng hal itu bkn karena si pas lepas dr idealisme semula,tetapi itu merupakan sebuah kewajaran karena mereka mempunyai personil yang berbeda dengan karakter yang berbeda pula . Bahkan menurut yukie bisa jadi karena perubahan usia membawa musik mereka jadi berbeda pula pada irama maupun beat yang dimain" meureun geus kolotnya? (mungkin sudah tua ya?) " ujar yukie dalam bhsa sunda.


Ketika ditanya tentang musik yang berubah seperti lagu kesepian kita yang tensinya rendah apakah sudah lepas dari idealisme musik mereka ? Beng-beng mengatakan hal itu pun tetap memasuki tataran idealime mereka. Karena idealisme bagi mereka adalah membuat musik yang sesuai dengan yang mereka inginkan. "jadi kita tidak dipengaruhi oleh major label maupun fans sekalipun. Bahkan ketika ada fans yang mengatakan pas buat lagi musik yang seperti dulu, berarti kita tidak idealis lagi,karena dipengaruhi orang lain!" jawab beng-beng serius.

Jadi menurut mereka benang merah beat musik yang rendah bukan persoalan idealisme,tetapi lebih pada kondisi emosional ketika mereka pada pembuatan lagu tersebvt,karena persoalan spontinitas menemukan beat dan lirik sangat dipengaruhi emosi mereka.

Mungkin para fans pas band sering mendengar musik yang sangat distorsi dari album pas terdahulu.

Kini pas band lagu yang lagi naek nya JENgah... Dgn distorsi yang cukup keras. Smoga pas band terus berkarya.. Saya tunggu album baru nya.

1 comments:

BAGAZ 2.0 said...

Pas adalah band terbaik di Indonesia yang mengusung music rock di era 90-an,dan diharapkan tetap yang terbaik di masa yang akan datang.

Photobucket
Photobucket
Photobucket

About Me

My Photo
Muhyat 081212384580
Jakarta priok, Indonesia
Gue pengen ngebahagiain org yg da didket gue. 087787222493
View my complete profile