Sunday 30 November 2008

The aerosmith anthology

Salah satu dari band terpopuler diamerika serikat aerosmith dibentuk pada tahun 1970 oleh steven victor tallarico,lahir 26 march 1948 (vocalis),anthony joseph perry lahir 10 september 1951 (bass) , joey kramer lahir 21 june 1950 (drums) dan ray tabano (guitar) yang kemudian digantikan oleh brad whiford lahir 23 february 1952


Lewat film armageddon yang dibintangi bruce willis,tembang i don't miss a thing (1998) bercokol diposisi atas ditop chart dunia selama 4 minggu berturut2 dan just push play (2001) dengan hit single jaded. Lagu hits terbaik aerosmith sebenarnya telah dirilis dialbum big ones,namun ditahun 2002 mereka hadir kembali lewat rekaman young lust: the aerosmith anthology yang dibuat melebihi kompilasi-kompilasi hits sebelumnya. Kali ini,band gaek ini menampilkan sebanyak 34 lagu yang diabil dari rekaman studio,konser,raritis,unreleased track,ib-side,serta lagu khusus yang dibuat untuk kompilasi.

Hampir semua hits band yang diperkuat tom hamilton (bas),joe perry (gitar),stven tyler (vokal),brad whitford (gitar),joey hammer (drum) ini dimuat dialbum ini seperti rag doll,dream on,what it takes,eat the rich,angel,cryin',crazy,blind man,the other side,walk this way (kolaborasi run d.m.c/aerosmith),serta janie's got a gun.

Sayang nya hits bagus lainnya seperti amazing,dream on,falling in love serta sweet emotion hanya diambil dari versi live bukan rekaman aslinya. Sedangkan lagu lembut semacam i don't wanna miss a thing yang jadi soundtrack lagu armageddon yang disukai para penggemar aerosmith berusia muda justru tak dimasukan dalam rekaman ini.

Bagi para penggemar berat aerosmith,rekaman ini bisa jadi merupakan koleksi yang sangat berharga,karena memuat hampir seluruh hits yang pernah tenar sejak band ini berdiri. Sebelum nya,band asal boston ini merilis album the best seperti big ones,greatest hits 1973-1988/classic live !, aerosmith/get your wings/toys in the attic serta pandora box.

Young lush: the aerosmith anthology ini tampaknya tak memberikan sesuatu yang baru selain kumpulan lagu-lagu hits steven tyler dkk. Namun,rilis ini bisa dinilai lebih kepada pembuktian bahwa mereka memang pantas menerima gelar rock and roll hall of fame yang telah diraihnya maret 2001 lalu. Kalau ingin mendengar nuansa baru dari musik aerosmith bisa disimak dialbum studio terakhirnya just push play (2001).

Aerosmith itu unik. Nyaris tak ada duanya. Band yang dimotori oleh penyanyi bermulut dower steven tyler ini mulai menorehkan sejarahnya pada 1973. Selama 25 tahun lebih steven dan kawan-kawan bukan saja berhasil menaklukan masa-masa gelap karena cengkeraman obat-obatan dan alkohol. Mereka juga sukses merebut kembali perhatian penggemarnya serta perusahaan rekaman raksasa columbia records.

Pertemuan steven,ketika masih berprofesi sebagai dramer,dengan joe perry, gitaris yang bekerja disebuah kedai es krim di anchorage,new hamshire,memulai riwayat aerosmith. Waktu itu tahun 1970. Dengan pembetot bas tom hamilton,mereka lalu membentuk trio. Tapi hanya sebentar. Masuknya joey kramer,dramer,dan brad whitford gitaris memungkinkan steven untuk memutuskan memegang rol sesuai bakatnya penyanyi utama.

Debut rekaman mereka,dengan kontrak yang ditandatangani bersama-sama dengan presiden columbia records,clive davis,berjudul aerosmith dan dirilis pada musim gugur 1973. Hasil nya biasa saja. Baru dari album berikutnyalah,get your wings,yang disokong tur habis-habisan ,aerosmith perlahan-lahan bisa mengumpulkan fans setia. Tangga bintang pun terentang.

Apa sich yang unik dari aerosmith? Banyak yang menyebut musik. Dari saat pertama berdiri mereka tak berkiblat ke satu jenis musik apa pun. Mereka bahkan pada dasarnya lebih menyukai kelompok-kelompok seperti fleetwood mac dan sly & the family stone. Toh mereka sanggup juga berock n' roll. (dari sini,serta karena tampang steven yang mirip mick jagger ,orang lalu mengasosiasikan aerosmith dengan the rolling stone.). Mereka juga bisa menghentak lebih keras dengan metal,dan malah bisa juga melantunkan balada.

Namun,sebagaimana banyak band yang lain,puncak selalu membuat goyah,karena terpaan godaan yang lebih kencang. Hanya sekitar tiga tahun berlimpah sukses,mereka sudah terhempas ke jurang obat-obatan dan alkohol. Grafik karier langsung menukik. Pada akhir 1970-an,nama aerosmith sudah nyaris hilang. Joe dan brad keluar untuk membentuk band sendiri.

Riwayat aerosmith belum tamat,ternyata. Joe dan brad,yang merasa gagal berkarir sendiri,memutuskan untuk kembali bergabung pada 1984. Steven dan joe,sementara itu sanggup menaklukan pengaruh buruk obat-obatan dan alkohol. Maka bendera aerosmith kembali berkibar. Berturut-turut,dari 1985,mereka merilis album-album yang laris dan memuat sejumlah hit down with mirror,permanent vacation (1987), pump (1989), dan get a grip (1993). Pump bahkan terjual enam juta kopi. Semuanya diproduksi bersama geffen records.

Aerosmith meninggalkan geffen dan bergabung dengan sony music.

0 comments:

Photobucket
Photobucket
Photobucket

About Me

My Photo
Muhyat 081212384580
Jakarta priok, Indonesia
Gue pengen ngebahagiain org yg da didket gue. 087787222493
View my complete profile